Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Archive

Select Category

Top 5 Popular of The Week

Home » » Cara Mendapatkan Harga Tiket Kereta Terbaik dan Terjangkau

Cara Mendapatkan Harga Tiket Kereta Terbaik dan Terjangkau

Posted by Update on 28 Maret 2017


Berbicara tentang kereta, pasti harus berbicara harga tiket juga. Tapi, sebelumnya admin mau mengulas sedikit panjang namun tidak lebar tentang kereta. Kereta adalah layanan transportasi yang disediakan oleh PT. KAI untuk mengurai kemacetan yang ditimbulkan oleh transportasi darat yang semakin membludak seperti mobil, bus, dan sepeda motor. Jasa transportasi kereta dalam ilmu ekonomi termasuk ke dalam pasar yang mendekati monopoli dimana hanya PT. KAI saja yang menyediakan jasa transportasi kereta, artinya tidak ada perseroan terbatas yang lain yang menyediakan jasa yang sama. Hal ini dikarenakan karena adanya regulasi atau undang-undang. Karena menjadi satu-satunya jasa transportasi kereta yang ada di Indonesia, maka pihak perusahaan akan mendapatkan keuntungan lebih / excess profit  atau di atas keuntungan normal sehingga perusahaan bisa melakukan penelitian dan pengembangan jasa layanan untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna.

Admin ingat tempo dulu kira-kira tahun 2007 saat menggunakan jasa kereta api Kaligung, masih banyak pedagang-pedagang kecil seperti pedagang cangcimen (kacang, kwaci, permen)  dan pedagang rujak pecel yang masih lalu-lalang di dalam kerata dan itu membuat suhu di dalam kereta terasa panas bro. Namun sekarang, tidak ada lagi pedagang semacam itu yang berjualan di dalam kereta. Pihak kereta pun berinovasi dengan menciptakan semacam kedai makanan dan minuman di dalam kereta. Kadang juga para penjajak cantik dan ganteng menawarkan menu makanan dan minuman kepada penumpang kereta. Pastinya harga tiap makanan dan minuman yang ditawarkan penjajak cantik dan ganteng itu berbeda dengan harga makanan seperti cangcimen dan rujak pecel  ya. Pernah admin membeli segelas pop mie bakso, tau ngga berapa harganya ? harganya 18.000 rupiah. Duit segitu kalau dibelikan kwaci pasti dapat banyak ya. Kita tahu dimana-mana yang namanya penampilan pasti akan memengaruhi harga. Berbicara tentang tempo dulu dan sekarang, harga tiket kereta juga mengalami kenaikan. Tahun 2007, waktu admin mau ke Jakarta dari Stasiun Tegal, harga tiket kereta kelas ekonomi cuma  30.000. Tahun 2016 lalu, saat admin mau bertolak ke Stasiun Jatinegara dari stasiun asal yang sama dengan menggunakan kereta kelas eksekutif harga tiketnya mencapai 167.000 rupiah. Beda jauh kan harganya, ya walau kita tahu kelasnya juga berbeda. Namun, rata-rata kelas ekonomi pada waktu itu sekitar 90 ribu lebih dan itu juga sudah terjual habis atau sold out. Tetapi, saat mau balik ke Stasiun Tegal, biaya tiket kereta yang admin tumpangi cuma 70 ribu. Mau tau caranya gimana? Berikut pengalaman admin untuk mendapatkan harga tiket kereta terbaik dan terjangkau agar tidak menguras isi dompet :

Baca juga : Prestasimu Menurun? Cepat Lakukan Hal Ini

Pertama, survey harga tiket kereta yang mau ditumpangi melalui online shop
Lihat daftar kereta api yang tersedia dan juga harga tiketnya.



Kedua, pilihlah harga tiket kereta yang sesuai dengan kebutuhan dan isi dompet
Misal : loe memilih kerata X karena waktu tiba di stasiun tujuan loe sesuai dengan kebutuhan, selain itu harganya juga cocok dengan isi dompet.

Ketiga, survey juga harga tiket kereta di stasiun secara langsung, apakah itu lebih murah atau lebih mahal. Namun, harga tiket kereta yang dipasang di papan daftar harga tiket di loket stasiun kerta apai adalah dalam bentuk rentang harga.
Contoh : harga tiket ke Stasiun Gambir dari Stasiun Tegal = Rp. 80.000 s.d Rp 150.000
Jadi, kalo membeli di stasiun secara langsung sedikit memprediksi harga. Jika beruntung, maka dapat harga tiket kereta yang murah dan jika kurang beruntung, maka sebaliknya.

Keempat, jika loe lebih memilih harga yang pasti sebaiknya loe beli tiket kereta melalui online shop dengan mendatangi super market yang menyediakan jasa pembelian tiket kereta, seperti Alfamart, Indomart, dan lainnya.

Kelima, Belilah tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga tiket yang terbaik dan terjangkau atau istilahnya booking tiket kereta. Hal ini juga sabagai antisipasi agar tidak kehabisan tiket di kemudian hari.
Contoh : Karena loe tidak booking tiket kereta dahulu, suatu saat loe kehabisan tiket kereta yang ingin loe tumpangi, maka pasti loe akan menggunakan kereta kelas apa pun dengan harga berapa pun supaya loe sampai tujuan dengan tepat waktu.

Itulah cara-cara mendapatkan harga tiket terbaik dan terjangkau yang admin rangkum sesuai dengan pengalaman admin.


Thanks for reading & sharing Update

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter