Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Archive

Select Category

Top 5 Popular of The Week

Home » » Berantas Buta Huruf Bersama Forum Tegal Mengajar

Berantas Buta Huruf Bersama Forum Tegal Mengajar

Posted by Update on 6 April 2017




Apa itu Forum Tegal Mengajar? Forum Tegal Mengajar adalah gerakan untuk mengurangi angka buta huruf yang ada di wilayah Kabupaten Tegal. Tujuan dari Forum Tegal Mengajar ini ialah supaya warga Kabupaten Tegal yang belum bisa mengenali huruf, membaca ,dan menulis disegerakan untuk bisa memiliki kemampua tersebut. Pelatihan ini akan diadakan secara rutin oleh anggota Forum Tegal Mengajar. Gerakan baru ini digagas oleh Forum Anak Slawi Ayu yang bekerjasama dengan Dinas P3AP2 dan Keluarga Berencana Kabupaten Tegal.

Forum Tegal Mengajar ini memiliki tujuan :
  • ·Jangka pendek : untuk mengetahui daerah mana saja yang ada di wilayah Kabupaten Tegal yang masih mengalami masalah sosial buta huruf
  • · Jangka panjang : untuk memberantas buta huruf yang ada di wilayah Kabupaten Tegal dengan harapan mereka bisa memiliki kehidupan yang lebih baik.

Dalam acara pelatihan membaca dan menulis, pengelompokan peserta pelatihan dibagi menjadi 4 kategori, yaitu :
  • ·         Anak
  • ·         Remaja
  • ·         Dewasa
  • ·         Lansia

Sedangkan, tutor yang yang mengajarkan cara membaca dan menulis di bagi menjadi 2, yakni :
  • ·         Siswa SMP yang akan mengajarkan kategori anak dan remaja
  • ·         Siswa SMA/SMK/MA yang akan mengajarkan kategori dewasa dan lansia
gambar saat perencanaan kegiatan


Selain itu, Forum Tegal Mengajar juga akan memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak dan remaja yang putus sekolah maupun belum mengenyam pendidikan untuk selalu  semangat dalam meraih cita-citanya.

Mencermati itikad baik yang dilakukan Forum Tegal Mengajar, admin berharap gerakan memberantas buta huruf ini bisa berjalan dengan baik. Kita tahu betapa pentingnya mengenali alfabet (huruf), kemampuan membaca, dan menulis di era milenium ini. Zaman yang semakin ke depan akan semakin modern, maka bisa menenggelamkan mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk mengenali alfabet (huruf), membaca, dan menulis. Kasihan bagi mereka yang belum memilki kemampuan akan mengenal huruf, membaca, dan menulis.

Menengok fakta sekarang, semua bidang pekerjaan selalu berhubungan dengan yang namanya huruf atau alfabet. Dari yang namanya cleaning service sampai dengan Presiden, huruf selalu mengelilinginya. Selain itu, berbagai macam social media yang diluncurkan juga berhubungan dengan huruf, membaca, dan menulis. Bagaimana seseorang bisa update status, menguntit status mantan, nge-tweet, chatting, message, dan ngeblog, kalau mereka tidak memiliki kemampuan tersebut? Kasihan dong mereka, mereka juga pengin update kaya kita semua. Pengin tahu  yang namanya facebook, twitter, wa, bbm, line, instagram, dan sejuta social media di luar sana.
Kemampuan mengenali huruf, membaca, dan menulis juga penting lho dalam rangka mencari jodoh. Bagaimana kalau tiba-tiba ada message .

“Hai”.
“ ! “. Balasnya

“Kamu lagi apa?”
“ @ “. Balasnya

“Jual mahal banget loe ! “
“abcdefghijklmnopqrstuvwxyz”. Balasnya

Dan kamu pasti apa yang terjadi setelah itu? Calon jodoh pertama menghilang. Apa jadinya kalau keadaan ini terus berlanjut? Haruskah calon kedua, ketiga, sampai dengan ke sepuluh harus musnah? Masih mending kalau ada calon ke sebelas yang langsung datang ke rumahnya dan mau bercakap-cakap. Jadi, pendekatannya tak perlu dirumitkan soal mengenali huruf, membaca, dan menulis. Tetapi, sepertinya kurang enak ya karena tidak ada variasi dalam pendekatan. Masa iya mau ngobrol terus, sekali-kali kan dalam pendekatan pengin chatting-an juga. Bukan hanya soal pencarian jodoh, saat hendak bepergian ke luar kota juga akan lebih sulit bagi mereka. Lihat saja transportasi umum seperti kereta api dan pesawat terbang, sistem yang ada di kedua transportasi itu cukup sulit bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan mengenali huruf, membaca, dan menulis. Dimulai dari melihat jenis dan schedule keberangkatan, daftar harga tiket, dan lain-lainnya. Itulah mengapa setiap orang diharapkan untuk bisa mengenali huruf, membaca, dan menulis. Karena dengan ketiga itu, semuanya akan lebih mudah.

Narasumber : 
Muhammad Azzam Alfarisi, Pelajar STM ADB Tegal.



Thanks for reading & sharing Update

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter