4 April 2017

Cara Mudah Membuat Blog


Admin mau berbagi pengalaman nih bagaimana histori admin membuat blog update.com ini. Awalnya karena saat admin masih belajar di sekolah teknik dulu, admin doyan banget  ikut event-event  menulis gitu yang diadakan oleh penerbit buku maupun website. Beberapa hasil tulisan amatir admin pun ada yang diterbitkan oleh penerbit maupun disetujui oleh website itu untuk diposting di berandanya. Akhirnya, terpikirlah untuk membuat sebuah wadah untuk menampung karya tulis amatir admin sendiri. Dengan a-bra-ka-da-bra terciptalah sebuah blog yang bernama Manusia Blog yang baru-baru ini diganti menjadi update.com. Dan perlu kamu ketahui kalau blog admin ini menggunakan blogspot.com alias blog gratisan ya. Sebetulnya saat kamu mau membuat sebuah blog ada dua alternatif yang bisa kamu pilih, yaitu menggunakan blogspot.com atau menggunakan wordpress. Karena admin sekarang masih suka yang gratisan maka admin tidak memakai wordpress yang dikenakan pajak biaya setiap tahun. Karena admin lebih memilih untuk memakai blogspot.com, maka bisa kamu ketahui kalau tutorial yang akan admin bagi yaitu cara mudah membuat blog menggunakan blogspot.

Sebelum kamu membuat blog, yang pertama kali kamu harus lakukan adalah memikirkan tujuan kamu membuat blog. Secara garis besar, seseorang membuat sebuah blog karena memiliki salah satu dari tiga alasan berikut 
  • Membuat blog sebagai sarana ekspresi saja.
  • Membuat blog karena ingin mendapatkan uang dari blog-nya.
  • Membuat blog sebagai sarana ekspresi sekaligus sarana mendapatkan uang.
Menurut beberapa penulusuran yang admin lakukan dengan cara bertamu ke blog orang, kebanyakan dari mereka sepertinya lebih banyak memilih alasan kedua mengapa mereka membuat sebuah blog. Mengapa admin mengatakan itu? Karena dari artikel-artikel yang mereka posting, mereka kurang memerhatikan kualitas artikel tersebut. Itu bisa dilihat dari banyaknya typo atau salah ketik dalam artikel, keindahan kepenulisan yang tidak dijaga, tidak bisa membedakan penggunaan huruf miring dan tegak, dan pemilihan tata letak huruf yang semena-mena. Sumpeh semena-mena. Sampai mata admin lelah melihat tulisan yang lompat ke sana dan ke sini. Walaupun postingan-postingan yang admin update jauh dari kata sempurna. Namun, admin berusaha keras untuk membuat artikel yang baik dan enak dibaca. Sehingga orang yang membaca artikel di blog admin merasa senang. Membuat orang senang juga termasuk ibadah kan? Bukan begitu?.

Setelah kamu sudah memutuskan tujuan kamu membuat sebuah blog, maka langkah selanjutnya kamu mulai membuat blog dengan tahap-tahap berikut ini :

Pertama, bukalah browser di laptop atau komputer kamu, misal : google chrome. Lalu, ketik saja blogger.com. Setelah mesin pencari menunjukkan pilihan, klik saja tulisan blogger.com-create a unique and beautiful blog. Muncullah tulisan create your blog. Jika kamu sudah melalukan klik, maka akan muncul tampilan untuk mengisi e-mail kamu yang aktif beserta kata sandinya. Muncullah tampilan untuk membuat sebuah blog.

Kedua, buatlah blog yang kamu inginkan dengan cara mengisi title blog, address blog, dan blog template.
Title blog, isi dengan judul blog yang kamu inginkan. Misal punya admin adalah update.com
Address blog, isi dengan alamat blog yang kamu ingin. Namun, karena kamu masih menggunakan domain gratisan, biasanya address blog akan memberikan info apakah domain yang kamu inginkan tersedia atau tidak.
Blog template, pilih template yang tersedia dalam pilihan. Saran dari admin, pilihlah template dengan tema simple karena jika kamu mau mengotak-atik blog kamu akan lebih mudah.

Ketiga, aturlah desain blog kamu dengan cara klik tema, lalu klik tulisan “sesuaikan”

Keempat, aturlah desain blog sesuai selera kamu.

Tema, pilih tema yang menarik dan enak untuk dilihat.
Latar belakang, pilih warna latar sesuai selera kamu.
Sesuaikan lebar, atur lebar blog yang kamu inginkan.
Tata letak, nantinya ini berfungsi untuk menentukan letak judul blog, deskripsi blog, dan lainnya.
Tingkat lanjut, berfungsi untuk menentukan jenis dan ukuran huruf pada masing-masing item yang akan muncul di blog
Load disqus comments

0 komentar